Daily

Silaturahim dengan Ibu Netty. Saya: “Apakah semua Istri Gubernur secerdas ini?”

Bulan Februari lalu saya berkesempatan hadir di acara Silaturahim dengan Ibu Netty, Istri Pak Aher, Gubernur Jawa Barat. Alhamdulillah Suami kasih izin untuk hadir karena acara ini dilaksanakan malam hari. Acara ini memang termasuk dadakan dan untuk kalangan terbatas karena menyempatkan di sela waktu beliau berkunjung ke Kalimantan Selatan. Terjadwal jam 7 malam ternyata baru dimulai hampir jam 9 malam. Seperti yang saya bilang tadi, acara ini nyempat-nyempatin di antara jadwal padat beliau. Memang baru selesai dari jadwal sebelumnya. Beliau langsung menuju ke tempat acara malam itu, di Rumah Anno milik PKK Kalsel.

Untuk pertama kalinya saya mendengar seorang istri Gubernur berbicara dari jarak dekat. Meski saat itu suara beliau agak serak karena tenggorokan beliau yang kurang sehat, tak mengurangi semangat beliau berbagi cerita dan pengalaman kepada kami yang mayoritas perempuan pada malam itu.

Beliau bercerita bagaimana pertama kali saat Pak Aher terpilih menjadi Gubernur, bukan hal mudah menurut beliau. Tapi tak membuat beliau lantas jadi berdiam diri, hal ini menjadikan beliau lebih semangat lagi untuk belajar dan menambah kapabilitas diri. Karena saat ini bukan cuma satu atau dua orang yang diurusi. Semua orang yang ada di Jawa Barat sudah menjadi tanggung jawab Pak Aher dan beliau sebagai Istri, yang kemudian juga mengemban berbagai jabatan penting sebagai Istri Seorang Gubernur.

Mendengar beliau bercerita berbagai pengalaman yang seru, menyenangkan, kadang haru, sedih dan tak sedikit pula yang “nyinyir” kepada beliau selama dua periode ini, membuat kita semua terdiam-terpana. Khususnya saya. Saya pikir, bukan orang yang biasa beliau ini. Lalu tercetus pertanyaan, Apakah semua Istri Gubernur secerdas dan semenawan ini? Karena jujur saya belum pernah mendengar istri Gubernur lain berbicara dengan lugas, cerdas dan tegas, terlebih dengan jarak sedekat ini.

Yang paling mengena di hati saya adalah pesan beliau kepada semua wanita, khususnya muslimah Banjarmasin yang hadir pada malam itu, kepada semua muslimah di negeri ini agar bisa ikut andil dalam kemajuan negeri ini. Beliau bilang, jangan merasa diri menjadi wanita ter-sholehah karena sudah bisa menyelesaikan segala tugas rumah dengan baik. Suami terurus, anak terjaga, pekerjaan rumah beres, amal yaumi sesuau target, tapi di sisi lain ada tetangga kita yang mengalami hal yang tidak menyenangkan, seorang istri yang mengalami KDRT, seorang anak yang mengalami kekerasan, narkoba yang meraja lela dan hal buruk lain yang terjadi di sekitar kita. Apa peran kita sebagai muslimah di tengah masyarakat? Jangan kita berdiam saja hanya dengan alasan, “yang penting bukan keluarga saya“. Bukankah ini terdengar egois?

Semua muslimah punya peran untuk perbaikan masyarakat. Apalagi jika kita punya pemimpin yang mau mendukung. Manfaatkanlah hal ini, kata beliau. Pemimpin juga punya keterbatasan, tidak bisa menghandle semuanya. Tak ada salahnya masyarakat memberi bantuan agar menjasi sinergi dan tercapai tujuan untuk kebaikan bersama.

Aah. Memang benar yang beliau sampaikan tapi saya tahu. Ini berat. Mungkin tak semua muslimah bisa melakukannya, termasuk saya. Mungkin saya egois. Apalagi saya merasa tugas dan kewajiban sendiri saja masih keteteran. Namun penjelasan beliau membuat kita lebih aware dengan keadaan sekitar. Setidaknya perlahan kita bisa buat sesuatu untuk masyarakat luas. Sekecil apapun perannya, setidaknya kita peduli.

Sayangnya saya nggak bisa mengikuti acara sampai selesai karena sudah jam 10 malam dan saya harus pulang. Tapi saya senang bisa hadir di sana dan mendengar pengalaman beliau. Semoga kita bisa menjadi manusia yang memberi sebanyak manfaat kepada sekitar kita.

Amiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Banjarmasin, 31 Maret 2018

Arifah Marhamah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s