Hobby

Korean British

Makin kesini, makin sering saya dengan soundtrack drama korea menggunakan lirik bahasa inggris dengan nuansa musik ke-british-british-an.

Sok tau aja sih saya musik british itu gimana. Hahaha. Mungkin lebih tepatnya kebarat-baratan, ya.

Bukan musik menghentak. Bukan pula hiphop. Tapi lagu yang mengalir mengiringi alur cerita. Yang bisa bikin baper penontonnya. Lagu semacam itu lah ya. Susah menjelaskannya. Karena saya juga nggak ngerti itu musik apa. Pop kali. Hahaha.

Sejak kapan?

Mungkin sejak MLTR ngisi OST drama Healer.

Yup. Saat itu saya sebagai penikmat drama dan pemerhati soundtracknya #lol, benar-benar kaget mendapati kenyataan grup band sekelas MLTR ngisi soundtrack drama korea.

Waktu tau lagu itu dinyanyikan MLTR, saya pikir Healer beli izin buat masukin salah satu lagu di album mereka di drama ini. Saya cari di mbah gugel. Nggak ketemu Eternal Love di album MLTR. Saya temui di Facebook MLTR, ternyata Eternal Love benar-benar Original Soundtrack drama itu. MLTR sengaja bikin lagu buat drama itu. What a WOW moment.

Suatu kebanggaan bagi saya dan kami, pada saat itu. MLTR aja ngisi ost drakor. Masih ada aja orang yang remehin drakor. Huh. Belum tau aja dia, hahahaha.

Terus kemudian, sering saya dengar di beberapa drama yang saya tonton. Menyuguhkan soundtrack berbahasa inggris. Entah dinyanyikan oleh penyanyi luar korea atau penyanyi dari korea sendiri. Dengan bahasa inggris yang fasih sehingga tidak bisa dibedakan, seringkali salah kira, saya pikir penyanyi luar, jadi biasanya saya searching dulu yang nyanyi itu siapa. Haha.

Saya tulisin aja ya, beberapa soundtrack berbahasa inggris yang saya temui, dan saya suka, dan sangat enak didengar saat menonton drama, atau bahkan setelah dramanya berakhir.

Here’s the recap.

Michael Learns to Rock – Eternal Love – OST Healer


Lasse Lindh – Because I – OST Bubblegum


Lasse Lindh – Hush – OST Goblin


Heize ft. Han Soo Ji – Round and Round – OST Goblin


Suran – Step Step – OST Jealousy Incarnate


Saltnpaper – Bye, Autumn – OST Jealousy Incarnate


Elsa Kopf – Song for You – OST Because It’s The First Time


Henry – It’s You – OST While You Were Sleeping


Gu Keun Byeol – Sing My Song – OST Revolutionary Love



Kalau lagu-lagu di atas ini benar-benar OST ya. Maksudnya benar-benar dibikin buat drama.

Ada juga lagu yang selalu dimainkan selama drama, tapi bukan OST. Contohnya yang ada di drama It’s Okay That’s Love. Lagu Hero dari Family of the Year dan Cross My Mind yang dinyanyikan Twin Forks merupakan lagu yang seringkali diputar selama drama tapi tidak khusus dibuat untuk drama ini. Namun lagu ini masuk daftar OST Various Artist. Mungkin mereka udah izin ya buat masukin di dramanya.

Cuma itu yang bisa saya share. Kalau masih ada yang ketinggalan nanti bisa kalian cek atau tambahin sendiri ya. Soalnya sesuka-sukanya saya sama drakor, nggak semua drama juga yang saya tonton. Jadi, nggak semua OST drama juga saya pernah dengar. Hehehe.

Salam dari penikmat drama dan musik.

-amahrifa-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s