Mother’s Parenting

Mother’s Parenting

Saya itu paling senang kalau hadir di acara seminar parenting. Meski baru dua kali saya ikut, tapi saya berencana akan hadir kembali jika kelak ada seminar serupa dan waktu yang bersesuaian dengan jadwal saya.

Menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya. Setidaknya acara seperti ini bisa jadi tambahan ilmu buat saya nanti. Lebih bagus belajarnya sebelum kita berumah tangga, kan?

Saya pikir ketertarikan saya dengan tema ini tak lain karena pengalaman saya sendiri. Saya belum menjadi orang tua. Tapi saya adalah anak dari kedua orang tua saya. Orang tua saya tak pernah ikut seminar parenting. Saya tahu cara mereka mendidik anak-anaknya juga tidak sempurna. Tapi saya selalu bersyukur lahir dan dibesarkan oleh mereka.

Terutama Mama. Seorang ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Saya masih sering bertanya-tanya bagaimana beliau yang hanya lulusan SD bisa membesarkan delapan anaknya dengan cukup baik.

Tak jarang apa yang disampaikan dalam seminar parenting itu sesuai dengan apa yang Mama lakukan kepada kami.

Mama pernah bercanda, sepulang saya menghadiri seminar parenting.

“Sebelum ada seminar parenting macam ini, Mama sudah praktekin tuh yang dia sampaikan. Kayaknya Mama sih bisa juga jadi pembicara. Hahaha”.

Ya. Bisa jadi. Membesarkan delapan anak dengan karakter berbeda. It’s not an easy task. Bisa jadi pengalaman Mama bisa dishare ke orang banyak.

Maka dari itu saya berencana mencoba menuliskan pengalaman saya menjadi seorang anak. Apa yang saya alami dan apa yang saya lihat selama hidup bersama mereka.

Ini juga membantu saya mengingat semua pesan yang pernah Mama sampaikan kepada kami, anak-anaknya. Saatnya mengumpulkan serpihan-serpihan ingatan berharga akan dirinya yang kini sudah tiada.

Semoga saya bisa istiqomah ya menuliskannya.

Amiin 🙂

Leave a Reply

