Saya dan Kakak1

Saya dan Kakak1

Saya dan Kakak1 punya selisih umur sekitar 21 tahun.

Iya. Sejauh itu.

Saya kelahiran 90 sedangkan dia 69.

Dia anak pertama. Saya anak ke delapan.

Hubungan saya dan Kakak1 pernah mengalami masa Hate Love Story.

Dulu sekali. Waktu saya masih kecil.

Saat itu Kakak1 sedang kuliah D1 di Jakarta.

Dia sering sakit.

Akhirnya diputuskan untuk tidak melanjutkan kuliah dan pulang ke Banjarmasin.

Mulailah terjadi konflik kakak beradik ini.

Dia, yang sedang sakit saat itu, otomatis menyita perhatian Mama.

Hal ini mengganggu si bungsu, iya, saya.

Saya yang masih kecil, terbiasa menerima perhatian penuh dari orang tua.

Tiba-tiba datang dia, mengambil sebagian perhatian yang biasa ditujukan buat saya.

Suatu ketika.

Saat dia menggendong saya.

Di tangan saya saat itu tersimpan sebuah batu, yang kemudian saya layangkan ke kepala Kakak1.

Jegeerr…

Inilah puncak kemarahan saya, si bungsu, pada saat itu.

Cerita ini tidak boleh terhenti sampai di situ.

Karena persaudaraan semestinya tak berakhir dengan kebencian.

Setelah kejadian itu.

Kakek saya yang suka membawakan saya oleh-oleh.

Selalu memberikannya melalui Kakak1.

Seolah-olah semua itu dari Kakak1.

Seperti ini terus sampai beberapa waktu.

Begitulah cara beliau mendamaikan kami.

Saya tau cerita ini juga setelah diceritakan Mama dan Kakak1.

Tidak ada sedikitpun ingatan akan kejadian ini.

Pastinya terjadi sebelum saya berusia 4 tahun, karena saat itu Kakek masih ada untuk mendamaikan kami.

Beliau berpulang ke Rahmatullah saat saya berusia 4 tahun.

Bagaimana sekarang?

Alhamdulillah.

Semoga Allah selalu jaga persaudaraan kami dalam penuh cinta dan kecintaan pada-Nya.

Dia, selalu jadi korban dari kakak-kakak lain kalau sudah membahas soal jodoh saya.

Semuanya seolah sepakat untuk menyerahkan tugas ini kepadanya.

Kakak1 Saya.

Banjarmasin, 19 Okt 2016

Bungsu

2 thoughts on “Saya dan Kakak1

Leave a Reply

