Menunggu Kau Mengejar

Menunggu Kau Mengejar

Menunggu suatu saat nanti seseorang kan datang ke sini.
Mengejar dengan kemungkinan lebih pasti mendapatkan seseorang yang diingini.

Dan sampai saat ini,
Menunggu, masih jadi pilihanku.

Saya ingat betul, apa yang dikatakan Mama mengenai restu dan mungkin ini yang jadi alasan saya memilih menunggu.

Akan lebih baik, jika orang lain yang suka dan menginginkan kamu jadi istri/menantu di keluarga mereka.
Jika suatu saat kamu melakukan kesalahan kecil, mereka akan memaklumi.
Karena sedari semula, mereka menerimamu apa adanya.

Tapi, jika kamu mengejar seseorang dan kemudian masuk ke keluarga mereka.
Ada kemungkinan kesalahan kecil akan dibesar-besarkan.
Karena sejak awal, kamu tidak benar-benar diinginkan.

Apa yang diucapkan Mama itu memang belum tentu terjadi.
Tapi pemikiran beliau ini cukup melekat bagi kami, terutama anak-anak perempuan.

Sebenarnya ini bukan sekedar mengejar atau menunggu.
Ini soal restu.
Karena memang pernikahan bukan hanya mengenai dua orang.
Tapi dua keluarga.

Sampai pernah terucap dalam doa saya, agar dipertemukan dengan jodoh saya, yang keluarganya menerima saya sebaik keluarga saya menerimanya.

Restu orang tua itu harga mati.
Persetujuan dari saudara itu pasti.
Tapi keluarga yang saya maksud lebih luas dari keluarga inti.

Bukankah sangat menyenangkan saat pasangan kita bisa diterima oleh seluruh keluarga besar?
Keluarga besar yang bahagia dan bangga punya menantu, ponakan, om, ipar seperti dia.

Dan Aku masih masih menunggu orang itu untuk mengejarku.

Berawal di kamar dan berakhir di kantor.
6 April 2016. 31 Mei 2016.

Arifah Marhamah

Leave a Reply

