Amah Rifa

Amah Rifa

Ya ya ya..
Bilang saja saya narsis.
Pake ngebahas username sendiri di sini.
Tapi saya emang mau ngebahas nama saya kok. Masalah?? haa

udah pada tau dong nama saya siapa?
masa iya nggak tau?
reader saya mana suaranyaa????

Arifah Marhamah.

Begitulah yang tertulis di akta kelahiran.
Iya. itu beneran nama saya yang jadi alamat blog ini.

tapi asal kalian tau saja, saya menyadari nama saya Arifah Marhamah itu saat saya sudah mulai berumur.
berumur 7 tahun mungkin. hahaha..

awalnya saya kira nama saya itu Arifa Marhamah. Arifa tanpa “H”.
Kalau nulis dimana-mana juga saya nulis Arifa. bukan Arifah.

Kenapa? wae wae wae? << ini bahasa korea

Karena keluarga dan tetangga selalu memanggil saya dengan Arifa, Rifa, Fa.
Ga ada “H” nya kan?
Waktu TK saya malah dipanggil Refa.. waktu itu Revalina S. Temat belum terkenal deh kayaknya. hahaha

Kemudian saat saya sudah mulai mengerti akta kelahiran, barulah saya tau nama saya Arifah Marhamah.

Sejak SD sampai SMP, saya terbiasa dipanggil Arifah di sekolah.
Panggilan itu bertahan sampai awal SMA.

Sesuatu terjadi dengan nama saya.
Arifah, nama yang cantik itu berubah jadi Ipeh. huks..
Ini perbuatan siapaaa kemaren???

jadilah sampai kuliah nama itu melekat, bahkan sampai sekarang.
kalau dilihat arti, kayaknya sih kagak ada artinya.. T.T

Ngomong-ngomong soal arti.
saya juga baru mencari tau arti nama saya saat saya sudah duduk di bangku SMA.

sebelum itu, saya mengira, Arifah adalah versi cewek dari Arif. muahahaha *sok-sok’an ngerti bahasa arab

sampai pada suatu ketika, wali kelas saya di kelas 2 SMA, menanyakan arti nama saya, dan dengan pede saya jawab, Arifah artinya Bijaksana.. LOL (Arif artinya Bijaksana kan ya?? hahaha)
dan dengan tegas beliau bilang, SALAH!
beliau guru Bahasa Indonesia loh, bukan Bahasa Arab.

selidik punya selidik, ternyata nama anak beliau juga Arifah, pantas beliau yakin kalau saya salah.
wong beliau ngasih nama anak beliau sendiri, kan ga mungkin ga tau artinya.

Lalu lah setelah itu saya mulai mencari tau arti kata “Arifah” < ini telat banget emang, tapi ga apa laah daripada nggak tau sama sekali. hihihi

Arifah bersal dari kata ‘Arafa Ya’rifu yang artinya mengenal atau mengetahui.
Sebetulnya kalau ditulis nama aku itu ada tanda petik di depan, karena pakai huruf ‘ain bukan alif.
Jadinya ‘Arifah yang berarti “yang mengetahui” atau “yang mengenal”

Marhamah.
Saya nggak perlu repot mencari artinya, karena ketemu pas kita baca surah Al Balad.
Marhamah berarti Kasih Sayang.

Tidak tahu ini tepat atau tidak secara hukum bahasa arab.
Saya gabungkan arti nama saya itu menjadi “yang mengenal kasih sayang”
Manis kan artinya. huehehehe.

Lalu, Amah Rifa itu siapa?
itu saya juga..
Panggilan ini spesial untuk saya dari ponakan ponakan saya, hehe..

Amah artinya tante.
Panggilan ini muncul ke permukaan saat ponakan saya yang pertama lahir.
Waktu itu saya berumur 5 atau 6 tahun.

Kenapa memilih amahrifa dijadikan username?
Nama panggilan dari orang lain bisa berubah-berubah untuk saya.
Tapi bagi ponakan saya yang 16 itu, sampai saya tua nanti, mereka akan tetap memanggil saya Amah Rifa.

Dan setelah memikirkan masak-masak.
Setelah melewati cobaan masa-masa alay dalam hidup saya.
Saya memutuskan untuk mengganti semua username alay saya.
Twitter, facebook, wordpress, email, semua jadi amahrifa.
Kecuali satu forum itu, idws, saya malas bikin lagi karena post saya sudah cukup banyak.
Biarlah dia menjadi saksi ke-alay-an saya.

Mendapat kepercayaan menjadi seorang tante di usia yang sangat muda.
Memperoleh panggilan baru, Amah Rifa.
Ini membanggakan untuk saya.

Dari yang mengenal kasih sayang,

Arifah Marhamah :*

nb: ponakan saya senang menanti siapa yang akan dipanggil Ami, the newbie Ami in our family.. hihihihi 😀

Advertisements

2 thoughts on “Amah Rifa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s